Alasan Kenapa Kamu gak Perlu Melakukan In-App Purchase

In-App Purchase. Apaan sih itu? Analoginya sih kalau kamu pergi ke Restoran Cepat Saji kayak KFC. Kamu beli yang Paketan. Nah biasanya tuh strategi bisnis ya pintar, Misalnya cuma ayamnya aja, buat nambah sambal harus beli lagi. Atau istilah lainnya kamu lagi main game PB nih, tapi kalah sama yang “full cash”. biar bisa mengimbangi permainan mereka dan sekalian mempercepat naik pangkat atau naikin skill kamu, ya mau gak mau cara instan yaitu “beli” senjata, armor, atau booster. Padahal itu gak permanen, cuma sewa per waktu.

In-App Purchase baik itu aplikasi atau game pada semua platform walaupun kebanyakan suka kelewat ngerugiin konsumen, tentunya konsumen mau gak mau gabisa ngapa-ngapain. Ya sejatinya pendapatan terbesar developer game ya dari situ. (Setidaknya In-App Purchase lebih baik daripada nge-crack game). Tapi menurut penulis, tidak semua in-app Purchase itu penting untuk dibeli. Tapi kalau cuma buat game mobile? duh sebaiknya dipikir-pikir lagi deh, Berikut beberapa alasannya :

Game tidak Bertahan Selamanya

Pernah main CoC? Pernah main Pokemon Go? Apa kabar game itu? Tentunya masih banyak penggemar setia. Masih banyak yang memainkan, tapi apakah setiap saat jumlah pemain tersebut akan selalu naik? Banyak faktor yang menentukan game mobile tidak akan bertahan selamanya.

Tentunya barang baru lebih menarik dibanding barang lama bukan? Sebagian besar pasti setuju, ditambah lagi game-game baru mempunyai sesuatu yang baru dan menarik untuk dicoba, sedangkan game lama akan tetap berada di dilema besar. Gameplay yang begitu-begitu saja, atau updatean yang akan mengubah originalitas game tersebut. Melihat pada Call of Duty yang banyak “penggemarnya” kurang puas karena jalan cerita modern melawan zombie atau alien tidak semenarik ketika perang menggunakan senjata konvensional.

Selain itu, melihat Pokemon Go sebelum rilis resmi dibeberapa negara, game ini sudah diunduh secara “ilegal” di berbagai negara. Tidak sedikit jumlahnya. Namun karena kurangnya keamanan di game ini banyak pemain yang jenuh karena masih banyak cheater yang beredar dan mengalahkan pemain yang berusaha dan bermain jujur.

Game F2P (Free To Play) Menjamur

Bukan membandingkan game F2P lebih jelek dibanding game P2P (Pay to Play). *walaupun tidak ada data statistik*, merujuk ke beberapa forum, mental membeli game P2P orang asia jauh dibawah orang eropa. Sehingga banyak ditemukan game-game *maaf* tidak jelas yang tidak sedikit memparodikan game-game besar. Contohlah cerita romance of three kingdoms, sudah banyak aplikasi-aplikasi yang mengadaptasikan cerita itu ke game mereka, ditambah lagi dengan iklan yang penuh dengan godaan.

Jika anda konsumen yang cerdas tentu anda bisa membedakan game P2P dan F2P. Serta game F2P yang developernya benar-benar niat dan game F2P yang hanya ikut-ikutan saja. Sedangkan…

Tidak Semua Orang Minat Membeli Game P2P

Sumber : https://lh3.googleusercontent.com/-eDjus7IWBiU/V1aYt6AUSmI/AAAAAAAABIc/8qinHm500fU/s2560/%25255BUNSET%25255D.jpg
Sumber : https://lh3.googleusercontent.com/-eDjus7IWBiU/V1aYt6AUSmI/AAAAAAAABIc/8qinHm500fU/s2560/%25255BUNSET%25255D.jpg

Walaupun Game P2P sudah memberikan diskon dan bermacam-macam edisi untuk membeli game tersebut, tapi nyatanya orang lebih suka dan lebih tertarik dengan yang gratis, apalagi jika dibandingkan tidak sedikit Game F2P yang sangat bagus dan bahkan jauh lebih baik dibanding P2P.

Game P2P biasanya menawarkan pengalaman bermain yang lebih kepada pemain, antara lain bisa menggunakan fasilitas online, tidak terbatas waktu/tingkatan (Demo), dan masih banyak lain. Walaupun didalamnya masih terdapat Shop yang memungkinkan pemain mengeluarkan uang nyata dan harganya juga bukan main.

Harga Kelewat Kurang ajar

Sumber : http://1.media.dorkly.cvcdn.com/37/35/31dd74600a1d813f1b1e15cb9be01d57-7-things-i-do-to-stick-it-to-f2p-mobile-games.jpg
Sumber : http://1.media.dorkly.cvcdn.com/37/35/31dd74600a1d813f1b1e15cb9be01d57-7-things-i-do-to-stick-it-to-f2p-mobile-games.jpg

Biasanya yang memasang harga hingga mencakar langit adalah game F2P, dan biasanya ditemukan di game mobile. Dengan iming-iming iklan yang “tampil hanya ada saat ini, jika diclose notifnya maka tidak akan muncul lagi”. Apalagi sekarang google play android bisa membayar dengan pulsa, semuanya jadi mudah. Sebelum anda menghabiskan uang untuk hobi, anda harus memikirkan secara baik apakah akan berguna atau tidak.

Rayuan hebat

Sumber : http://www.androidpolice.com/wp-content/uploads/2014/12/nexus2cee_nexusae0_2013-02-08-12.46.35.png
Sumber : http://www.androidpolice.com/wp-content/uploads/2014/12/nexus2cee_nexusae0_2013-02-08-12.46.35.png

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, developer sebenarnya memberikan virtual money pada game. Namun harus menjalankan misi yang membutuhkan waktu cukup lama, atau mengisi survei yang banyak pertanyaan atau menginstall aplikasi lain diluar aplikasi tersebut. Memang merepotkan, Virtual Money yang didapatkan juga tidak sebanding.

Namun berbeda jika anda ditawarkan dengan cara cukup membeli. Free Offer, Limited Time Offer, One Time Offer, Beginner Offer, dll. Dengan harga yang dibuat semenarik mungkin, anda seperti dihipnotis untuk membeli penawaran tersebut.

Sebaiknya Ditabung

Sumber : http://l.yimg.com/os/650/2013/01/10/piggy-bank-saving-money-pension-jpg_085753.jpg
Sumber : http://l.yimg.com/os/650/2013/01/10/piggy-bank-saving-money-pension-jpg_085753.jpg

Jika anda memang hobi memainkan game tersebut, dan memang membutuhkan segala item dan segala tetek bengek yang membutuhkan uang asli, gunakanlah sebijak mungkin. Apalagi jika anda belum memiliki penghasilan sendiri, karena pengakuan dari beberapa gamer pro, uang memang bukan segalanya, tetapi segalanya butuh uang. Tidak sedikit uang yang mereka keluarkan, jika masih ratusan ribu anda masih bisa “bertaubat”, namun jika sudah jutaan mungkin akan sulit dan akan ada rasa penyesalan walaupun sedikit pada akhirnya.

Jika belum siap untuk mengeluarkan uang banyak dengan segala konsekuensinya, sebaiknya jangan. Lebih baik menjadi “free-user” namun masih bisa menikmati layanan dari game tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s